Seni Meningkatkan Transaksi Sederhana Dengan Fastpay
Cara Jitu Lejitkan Transaksi di Fastpay
‘Orang hebat tidak dihasilkan dari kemudahan, kesenangan, dan kenyamanan. Mereka di bentuk melalui kesukaran, tantangan, dan air mata’ – Dahlan Iskan
Tidak
dipungkiri, sebagian besar masyarakat di indonesia masih dipengaruhi mitos
bahwa keberhasilan bisnis ditentukan oleh bakat, warisan/ keturunan,
pendidikan, modal faktor keberuntungan yang tidak terukur. Padahal yang juragan
perlukan hanyalah sebuah strategi yang tepat sasaran setiap kali ingin
membangun sebuah bisnis.
Hmm,
kalau begitu ada berapa orang sih yang masih meragukan konsep bisnis layanan
fastpay? 100 orang? 50 orang? Atau semua pernah merasakan keraguan dalam
hatinya ?
Tenang
saja, itu adalah hal yang lumrah. Kegelisahan ketika menjalani sebuah bisnis
pasti pernah dirasakan setiap orang. Juragan mungkin tidak yakin tetapi membuat
bisnis yang hebat perlu strategi yang yang tepat.
Tulisan ini sangat baik untuk dibaca para mitra baru/ lama yang masih pusing gimana
sih seni agar transaksi semakin meningkat. Tidak perlu menggunakan trik yang bertele-tele
dan rumit, kami menyajikan untuk para juragan dalam cara pengaplikasian
sederhana dan cocok dilakukan untuk mendapatkan pelanggan baru maupun
mempertahankan kesetiaan pelanggan lama.
Untuk
kestabilan bisnis kedepannya, penting untuk kita melakukan riset pasar/ segmen
& lokasi. Tujuannya adalah agar dapat meninjau kembali layanan apa yang
paling sesuai untuk kebutuhan konsumen Juragan. Setelah itu baru bisa
menyesuaikan promosi apa yang sesuai dengan target konsumen, awalilah dengan
edukasi mengenai manfaat yang akan didapat seperti layanan pelanggan, jaminan
yang lebih baik, dan benefit-benefit lainnya.
POSITIONING
Masuk
ke rana masyarakat dan menjadikan layanan Fastpay bagian dari kehidupan
sehari-hari memang gampang-gampang sulit sih. Anda perlu tau pola pendekatan
konsumen dengan gaya yang cerdik dan kreatif. Tentu saja agar tak perlu
mengeluarkan modal yang banyak, dengan hanya memanfaatkan kesempatan yang ada
agar mendapatkan peningkatan transaksi di kios!
Memperkirakan
kebutuhan layanan yang menjual untuk kostumer, perlu mengidenifikasi jarak
jangkauan kios. Jika posisi kios strategis di dekat jalan raya, maka
cangkupannya cukup luas dari warga setempat dan pengendaara. Jika posisi kios
berada di kompleks maka cangkupannya adalah warga setempat.
“Posisi
dapat menentukan target layanan konsumen Anda. Posisi juga menentukan strategi
promosi anda untuk meningkatkan fungsi Transaksi produk Anda” -FASTPAY
Namun,
semua
strategi disesuaikan dari kondisi, sehingga jangan terlalu khawatir akan
mempengaruhi pendapatan omset Anda Juragan! Oleh karena itu, Sentra Bisnis
Fastpay akan membagikan banyak trik meningkatkan transaksi loket Fastpay Anda
meningkat :
- Menjemput Bola
- Menjalin kerjasama dengan instansi / organisasi
- Melakukan promosi dalam acara kegiatan
- Buatkah promosi dengan alat dan komunikasi semenarik mungkin
- Media sosial? Maksimalkan!
- Kreatif Membuat promo Murah yang menarik untuk pelanggan
“Jangan biarkan dirimu dibayangi oleh banyak
pertimbangan yang hanya memberatkan pikiran. Just start and take action.” –Bob
Sadino
I. MENJEMPUT BOLA
Juragan
Andalan! Sebenarnya terdapat seribu cara efektif lho untuk membuat bisnis anda
banyak digandrungi pelanggan. Dari pada menunggu pelanggan datang, lebih baik
kita hampiri mereka saja bukan?
Mengapa
Menjemput Bola? Definisi menjemput bola adalah membidik target yang ada disekitar dengan mempromosikan barang/ jasa sehingga kemungkinan terjual lebih
besar.
Misalnya
: Sambil bersilahturahmi, bisa menyisipkan promosi secara langsung bahwa Anda
kini membuka layanan pembayaran bulanan di kios Anda. Jelaskan beberapa
informasi terkini mengenai tren dan era teknologi aplikasi pembayaran
kekinian yang tidak bisa mereka dapatkan kelengkapannya selain di Fastpay.
Jelaskan
juga kalau mereka tidak perlu jauh-jauh, karena di kios Anda semua serba
bisa. Sambil bercerita, Juragan juga bisa banget mendemonstrasikan
menggunakan printer portable cara transaksi dengan bukti struk
pembayaran.
Tentu
saja cara ini memberikan kemungkinan untuk menggugah minat calon pelanggan
Juragan menjadi lebih maksimal. Hal ini juga menghemat waktu konsumen sehingga
mereka tidak perlu repot lagi menanti waktu yang tetpat datang ke loket
Anda. Dengan cara ini pula , konsumen mengetahui keunggulan layanan Fastpay
secara langsung dan mendetail langsung dari Juragan! Cara sederhananya adalah!
Lakukanlah, mulai dari sekitar Anda.
II. MENJALIN KERJASAMA
DENGAN INSTANSI / ORGANISASI
Yang
kedua adalah menjalin kerja sama dengan badan instansi. Cara ini memang memerlukan
kecerdikan tersendiri dan sering di lakukan oleh pimpinan perusahaan. Menjalankan
bisnis dengan sistem kerjasama kurang lebih seperti melakukan pernikahan, harus
komitmen dan terjalin kepercayaan yang kuat. Bentuklah visi dan misi yang
akan dicapai bersama, sehingga dalam pelaksanaanya Anda memiliki tujuan yang
sama!
“Orang
yang meraih kesuksesan ! tidak selalu orang yang pintar, tetapi
orang yang selalu meraih kesuksesan adalah orang yang gigih dan pantang
menyerah.” -Susi Pudjiastuti
- Berkerjasamalah dengan instansi yang dimulai dari urutan terdekat di sekitar Anda. Lakukan kesem- patan ini ketika perkumpulan/ rapat komplek diadakan dan ambilah kesempatan waktu untuk mengin- formasikan bahwa bisnis loket pembayaran terlengkap sehingga warga bisa melakukan transaksi di loket Fastpay Anda. Jangan lupa sebutkan semua keunggulan loket Fastpay berikan beberapa alat promosi seperti brosur sambil praktekan langsung menggunakan smartphone Anda bagaimana cara bertransaksi dengan Fastpay!
- Jika Juragan memiliki pekerjaan utama diluar bisnis Fastpay, bisa membuat sebuah sistem bagi hasil yang dilandasi perjanjian atau komitmen kerjasama.
III. MELAKUKAN PROMOSI
MELALUI ACARA KEGIATAN
Banyak
orang bertanya, bagaimana cara efektif untuk mencapai tingkat transaksi yang
tinggi? Siapa bilang kegiatan berpromosi membutuhkan banyak biaya dan modal
agar bisa menuju goals?
“Resiko terbesar adalah tidak mengambil resiko
sama sekali. Dalam dunia yang berubah dengan sangat cepat ini, satu-satunya
strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil resiko“. –Mark Zuckerberg
Menjadi
mitra Fastpay tidak perlu mengeluarkan modal Seperti yang kami sampaikan tadi, Anda hanya perlu cerdik dan kreatif melakukan promosi.
Lihatlah sekeliling Juragan jika Anda jeli pasti melihat kesempatan
masuk ke dalam jajaran masyarakat untuk bisa memperkenalkan layanan
Fastpay sehingga jumlah transaksi Anda meningkat.
Awal
bulan adalah waktu yang tepat! Jika Anda memiliki jadwal perkumpulan di awal
bulan maka kesempatan melakukan transaksi jadi lebih banyak. Lakukan kesempatan ini ketika perkumpulan/ rapat komplek diadakan dan ambilah
kesempatan waktu untuk menginformasikan bahwa bisnis loket pembayaran terlengkap
sehingga warga bisa melakukan transaksi di loket Fastpay Anda.
Selagi
Juragan menjelaskan layanan Fastpay Anda bisa langsung mempraktekan kepada
semua warga pembayaran lewat aplikasi. Jangan lupa ya Juragan, gunakan
mesin kasir portable kesayangan Anda.
Mengikuti pameran UKM
Pastinya
tiap daerah memiliki banyak kok! kesempatan dalam pameran UKM. Nah, cobalah
Juragan manfaatkan fasilitas pameran UKM yang diselenggarakan oleh pemkot atau orginasasi
UKM lainnya. Gimana sih mengikuti Pameran UKM secara gratis?
- Bisnis sudah berjalan
- Datang langsung ke kantor Pemerintah BUMN atau organisasi lainnya
- Bergabung dengan Asosiasi atau Komunitas lainnya di wilayah Anda
- Rajin mencari waktu event tahunan/ bulanan
- Menggali informasi langkah awal bisa bergabung dengan rekan yang sudah pernah mengikuti pameran. Disitu Juragan bisa membuka loket pembayaran apapun seperti PPOB dan travel dari aplikasi Fastpay
- Pastikan mengikuti pameran sesuai dengan segmentasi pasar
Kembali
pada point pertama jemput bola, jangan pernah menunggu pelanggan datang ke
outlet. Pastikan Juraganlah yang aktif mengambil peluang dan kesempatan di
semua situasi dan berkala. Juragan juga bisa membentuk komunitas sendiri khusus
outlet Fastpay.
IV. BUATLAH PROMOSI
DENGAN ALAT DAN KOMUNIKASI SEMENARIK MUNGKIN
“Dua
Puluh Tahun dari Sekarang, Anda akan lebih dikecewakan oleh hal-hal yang tidak
Anda lakukan dibandingkan hal-hal yang telah Anda lakukan” -Mark twain
Nah Juragan, strategi
marketing yang efektif lainnya juga dimulai dari kios Anda sendiri. Buatlah
kios yang semenarik mungkin sehingga pelanggan Anda penasaran. Caranya adalah
:
Memperkuat Tangible
Toko
- Pasanglah Signboard Fastpay agar menarik baik siang maupun malam hari.
- Buatlah tampilan loket yang lebih “wah” dengan cat warna loket mencolok seperti orange dan biru seperti Fastpay
- Memasang semua alat promosi fastpay mulai dari spanduk, x banner dsb
Memperlambat Laju
Kendaraan
- Buat kata-kata semenarik mungkin di depan loket
- Pajanglah beberapa brosur Fastpay di meja loket anda
- Pasang dan mainkan musik yang sedang hits agar pelanggan melihat loket anda
Sebar Brosur
- Menyebarkan brosur pada warga sekitar tempat tinggal anda, dengan cara door to door atau saat event warga (arisan, bazar, rapat RT dll)
- Memperbanyak brosur bisa dengan ke percetakan atau fotocopy disesuaikan anggaran
- Pastikan Anda telah menambahkan nama dan kontak Anda pada brosur yang disebar
Tujuan
ini semua agar masyarakat setempat lebih memperhatikan kios Juragan,
memperlambat laju kendaraan, dan menarik pengguna jalan meski hanya sekilas .
Konsep baik untuk membranding loket Anda men jadi lebih baik
V. MEDIA SOSIAL?
MAKSIMALKAN !
“Peluang
selalu ada di tempat orang yang mengeluh” –Jack Ma
Sudah
tau kan dalam konteks menjual barang / jasa di perkembangan jaman ini
tidak lepas dari sosial media dan 60% sistem jual beli
menggunakan sosial media.
Media
sosial kini kerap disebut sebagai media baru pembunuh media
tradisional. Padahal jika dilansir lebih dalam, yang mematikan bukanlah
teknologi yang kian hari semakin canggih namun pola pikir manusia yang
tidak terbuka terhadap peruba- han. Hambatan seperti kurang kepercayaan
masyarakat kepada transaksi elektronik menahan pertumbuhan ekonomi dan digital
yang bergerak pesat.
Padahal
Mentri Kominfo menjelaskan bahwa kondisi populasi Indonesia 264 juta penduduk,
2/3 pada usia produktif 15 sampai 64 tahun merupakan pengguna aktif internet
dan melakukan bisnis digital sebagai media jual beli. Model bisnis ini tentunya
mem- berikan solusi-solusi baru kepada industri rumahan dan
dapat dijalankan efektibilitasnya kapanpun dan dimanapun.
Lalu, media sosial
apa yang cocok untuk para Juragan?? Apa harus semua media
harus dikuasai??
Tentu
saja tidak Juragan! Cukup dua media face- book dan Whatsapp yang
Anda maksimalkan maka promosi bisa gencar dilakukan, seperti :
Media Whatsapp
- Siapa yang tidak menggunakan whatsapp? Pasti hampir semua pengguna Smartphone menggu nakan media aplikasi ini. Nah, - Whatsapp sangat cocok sebagai media promosi karena fiturnya yang mudah dan lengkap. Terdapat fitur story yang bisa Anda gunakan untuk memposting / mengupload layanan Fastpay Anda. Lakukan 1 hari minimal 2 kali saja diantara pukul 12.00 siang dan 18.00 malam, minimal semua kontak teman di aplikasi whatsapp tersebut tahu jika Anda kini menjual produk layanan Fast pay.
- Manfaatkan juga group Whatsapp untuk memblasting promosi Anda. Gunakan kata-kata semenarik mungkin cukup sekali dalam sehari di semua group yang Anda miliki
Media FACEBOOK
- Sosial media ini sudah digandrungi di awal era digital. Fitur ini terbukti membantu meningkatkan kegiatan promosi dan hampir seluruh pembuka usaha menggunakan Facebook sebagai alat bantu promosi utama
- Cangkupan koneksi Facebook juga luas dan dapat terdata sehingga seluruh dunia pun dapat terhubung. Banyak fitur menarik yang berkembang di facebook seperti group-group penjualan atau komunitas. Facebook juga cocok untuk menaikan pelanggan baru.
VI. KREATIF MEMBUAT PROMO
MURAH YANG MENARIK UNTUK PELANGGAN
“Kreatifitas
membutuhkan keberanian untuk melepasakan kepastian.” -Eric Fromm
Kenapa
sih, kita harus membuat promo? Juragan! Pastinya pernah kan merasa terancam
dari persaingan dagang? Itu dia, apalagi kalau bukan ancaman kompetitor.
Percepatan teknologi dan ekonomi pastinya juga membuat kita harus bisa
berkompetitif agar tampil me- narik dan luar biasa di mata pelanggan.
Agar
usaha kita tetap berjalan maka Juragan harus mempertahankan pelanggan,
menarik pelanggan baru, menjaga kepua- san pelanggan, hingga harus bisa menarik
pelanggan dari kompetitor lain, itulah yang disebut dengan strategi akuisisi
pelanggan. Cara membuat promonya dengan cara seperti apa?
Agar
mampu bersaing, Juragan hanya perlu memaksimalkan kepuasan layanan
yang lebih baik / lengkap dibandingkan kompetitor. Diawal sudah disebutkan
bahwa salah satu strategi meningkatkan transaksi adalah membaca
kondisi lokasi Anda. Nah, selanjutnya buatlah sebuah program undian
berupa hadiah bagi pelanggan baru yang pertama kali melakukan transaksi,
diskon, give away, buy 1 get 1, cashback dan sebagainya.
Misalnya
- Manfaatkan sistem undian seper- ti transaksi 10x PLN dengan id pelanggan berbeda/ sama berupa komisi 20.000 rupiah, dipergunakan sebagai undian berhadiah seharga 5000/item. Benar disini Anda harus memotong komisi 10-25% tapi menggunakan pro- gram ini otomatis pelanggan akan mencintai layanan Anda sehingga mau kembali lagi untuk bertransaksi.
- Tiket pesawat, biasanya seringdibanding-bandingkan harga web booking online lain (kompetitor) dengan harga di Fastpay, saat ini selisih harga di web online (kompetitor) tidak terpaut banyak, misal: harga (selling price)di maskapai/ fastpay .1.000.000 kebanyakan web online lainnya Memberikan harga dibawah harga tersebut, misal jadi 990.000 ada selisih 10rb, Juragan bisa memberikan harga yang sama dengankompetitor yaitu 990.000 denganmemotong komisi ke pelanggan Rp. 10rb, jika total komisi yang diterima mitra dari reservasi tersebut diatas 10rb maka Anda masih mendapatkan untung.
'Jangan
mencari kostumer yang tepat untuk Anda, carilah produk / layanan yang sesuai
dengan kostumer Anda. -Fastpay
Nah
itulah beberapa trik, Seni Meningkatkan Transaksi Sederhana dengan Fastpay.
Semoga informasi ini dapat memberikan inspirasi baru dan mengasah ide kreatif
juragan agar transaksi kios Anda semakin meningkat!
Untuk
informasi sebagai mitra Fastpay, Anda bisa mengunjungi website kami di
www.Fastpay.co.id
SENTRA BISNIS FASTPAY
Komentar
Posting Komentar
Selamat bergabung di bit.ly/toko-modern-fastpay