Seni Meningkatkan Transaksi Sederhana Dengan Fastpay


Cara Jitu Lejitkan Transaksi di Fastpay 

https://drive.google.com/drive/u/1/my-drive

‘Orang hebat tidak dihasilkan dari kemudahan, kesenangan, dan kenyamanan. Mereka di bentuk melalui kesukaran, tantangan, dan air mata’ – Dahlan Iskan 

Tidak dipungkiri, sebagian besar masyarakat di indonesia masih dipengaruhi mitos bahwa keberhasilan bisnis ditentukan oleh bakat, warisan/ keturunan, pendidikan, modal faktor keberuntungan yang tidak terukur. Padahal yang juragan perlukan hanyalah sebuah strategi yang tepat sasaran setiap kali ingin membangun sebuah bisnis.

Hmm, kalau begitu ada berapa orang sih yang masih meragukan konsep bisnis layanan fastpay? 100 orang? 50 orang? Atau semua pernah merasakan keraguan dalam hatinya ? 

Tenang saja, itu adalah hal yang lumrah. Kegelisahan ketika menjalani sebuah bisnis pasti pernah dirasakan setiap orang. Juragan mungkin tidak yakin tetapi membuat bisnis yang hebat perlu strategi yang yang tepat.
Tulisan ini sangat baik untuk dibaca para mitra baru/ lama yang masih pusing gimana sih seni agar transaksi semakin meningkat. Tidak perlu menggunakan trik yang bertele-tele dan rumit, kami menyajikan untuk para juragan dalam cara pengaplikasian sederhana dan cocok dilakukan untuk mendapatkan pelanggan baru maupun mempertahankan kesetiaan pelanggan lama.

'Tak ada hasil yang mengkhianati usaha, mungkin ini terlihat sederhana namun apakah Juragan tahu bila segala tindakan kita sekecil apapun itu memberikan banyak kebaikan dalam kehidupan. Banyak lho, termasuk kita merasa belum mencapai puncak kesuksesan padahal sudah melakukan segala cara agar bisa mencapai goals nya. Kira-kira dimana yah letak kesalahannya? 
 
Untuk kestabilan bisnis kedepannya, penting untuk kita melakukan riset pasar/ segmen & lokasi. Tujuannya adalah agar dapat meninjau kembali layanan apa yang paling sesuai untuk kebutuhan konsumen Juragan. Setelah itu baru bisa menyesuaikan promosi apa yang sesuai dengan target konsumen, awalilah dengan edukasi mengenai manfaat yang akan didapat seperti layanan pelanggan, jaminan yang lebih baik, dan benefit-benefit lainnya.

POSITIONING 
Masuk ke rana masyarakat dan menjadikan layanan Fastpay bagian dari kehidupan sehari-hari memang gampang-gampang sulit sih. Anda perlu tau pola pendekatan konsumen dengan gaya yang cerdik dan kreatif. Tentu saja agar tak perlu mengeluarkan modal yang banyak, dengan hanya memanfaatkan kesempatan yang ada agar mendapatkan peningkatan transaksi di kios! 

Memperkirakan kebutuhan layanan yang menjual untuk kostumer, perlu mengidenifikasi jarak jangkauan kios. Jika posisi kios strategis di dekat jalan raya, maka cangkupannya cukup luas dari warga setempat dan pengendaara. Jika posisi kios berada di kompleks maka cangkupannya adalah warga setempat. 

“Posisi dapat menentukan target layanan konsumen Anda. Posisi juga menentukan strategi promosi anda untuk meningkatkan fungsi Transaksi produk Anda” -FASTPAY 

Namun, 
semua strategi disesuaikan dari kondisi, sehingga jangan terlalu khawatir akan mempengaruhi pendapatan omset Anda Juragan! Oleh karena itu, Sentra Bisnis Fastpay akan membagikan banyak trik meningkatkan transaksi loket Fastpay Anda meningkat :
  1. Menjemput Bola 
  2. Menjalin kerjasama dengan instansi / organisasi 
  3. Melakukan promosi dalam acara kegiatan 
  4. Buatkah promosi dengan alat dan komunikasi semenarik mungkin 
  5. Media sosial? Maksimalkan! 
  6. Kreatif Membuat promo Murah yang menarik untuk pelanggan 

 “Jangan biarkan dirimu dibayangi oleh banyak pertimbangan yang hanya memberatkan pikiran. Just start and take action.” –Bob Sadino

I. MENJEMPUT BOLA 
Juragan Andalan! Sebenarnya terdapat seribu cara efektif lho untuk membuat bisnis anda banyak digandrungi pelanggan. Dari pada menunggu pelanggan datang, lebih baik kita hampiri mereka saja bukan?

Mengapa Menjemput Bola? Definisi menjemput bola adalah membidik target yang ada disekitar dengan mempromosikan barang/ jasa sehingga kemungkinan terjual lebih besar.

Misalnya : Sambil bersilahturahmi, bisa menyisipkan promosi secara langsung bahwa Anda kini membuka layanan pembayaran bulanan di kios Anda. Jelaskan beberapa informasi terkini mengenai tren dan era teknologi aplikasi pembayaran kekinian yang tidak bisa mereka dapatkan kelengkapannya selain di Fastpay.

Jelaskan juga kalau mereka tidak perlu jauh-jauh, karena di kios Anda semua serba bisa. Sambil bercerita, Juragan juga bisa banget mendemonstrasikan menggunakan printer portable cara transaksi dengan bukti struk pembayaran.

Tentu saja cara ini memberikan kemungkinan untuk menggugah minat calon pelanggan Juragan menjadi lebih maksimal. Hal ini juga menghemat waktu konsumen sehingga mereka tidak perlu repot lagi menanti waktu yang tetpat datang ke loket Anda. Dengan cara ini pula , konsumen mengetahui keunggulan layanan Fastpay secara langsung dan mendetail langsung dari Juragan! Cara sederhananya adalah! Lakukanlah, mulai dari sekitar Anda.

II. MENJALIN KERJASAMA DENGAN INSTANSI / ORGANISASI
Yang kedua adalah menjalin kerja sama dengan badan instansi. Cara ini memang memerlukan kecerdikan tersendiri dan sering di lakukan oleh pimpinan perusahaan. Menjalankan bisnis dengan sistem kerjasama kurang lebih seperti melakukan pernikahan, harus komitmen dan terjalin kepercayaan yang kuat. Bentuklah visi dan misi yang akan dicapai bersama, sehingga dalam pelaksanaanya Anda memiliki tujuan yang sama! 

“Orang yang meraih kesuksesan ! tidak selalu orang yang pintar, tetapi orang yang selalu meraih kesuksesan adalah orang yang gigih dan pantang menyerah.” -Susi Pudjiastuti
  • Berkerjasamalah dengan instansi yang dimulai dari urutan terdekat di sekitar Anda. Lakukan kesem- patan ini ketika perkumpulan/ rapat komplek diadakan dan ambilah kesempatan waktu untuk mengin- formasikan bahwa bisnis loket pembayaran terlengkap sehingga warga bisa melakukan transaksi di loket Fastpay Anda. Jangan lupa sebutkan semua keunggulan loket Fastpay berikan beberapa alat promosi seperti brosur sambil praktekan langsung menggunakan smartphone Anda bagaimana cara bertransaksi dengan Fastpay!
  • Jika Juragan memiliki pekerjaan utama diluar bisnis Fastpay, bisa membuat sebuah sistem bagi hasil yang dilandasi perjanjian atau komitmen kerjasama. 

III. MELAKUKAN PROMOSI MELALUI ACARA KEGIATAN 
Banyak orang bertanya, bagaimana cara efektif untuk mencapai tingkat transaksi yang tinggi? Siapa bilang kegiatan berpromosi membutuhkan banyak biaya dan modal agar bisa menuju goals?

 “Resiko terbesar adalah tidak mengambil resiko sama sekali. Dalam dunia yang berubah dengan sangat cepat ini, satu-satunya strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil resiko“. –Mark Zuckerberg
 
Menjadi mitra Fastpay tidak perlu mengeluarkan modal  Seperti yang kami sampaikan tadi, Anda hanya perlu cerdik dan kreatif melakukan promosi. Lihatlah sekeliling Juragan jika Anda jeli pasti melihat kesempatan masuk ke dalam jajaran masyarakat untuk bisa memperkenalkan layanan Fastpay sehingga jumlah transaksi Anda meningkat.

Awal bulan adalah waktu yang tepat! Jika Anda memiliki jadwal perkumpulan di awal bulan maka kesempatan melakukan transaksi jadi lebih banyak. Lakukan kesempatan ini ketika perkumpulan/ rapat komplek diadakan dan ambilah kesempatan waktu untuk menginformasikan bahwa bisnis loket pembayaran terlengkap sehingga warga bisa melakukan transaksi di loket Fastpay Anda.

Selagi Juragan menjelaskan layanan Fastpay Anda bisa langsung mempraktekan kepada semua warga pembayaran lewat aplikasi. Jangan lupa ya Juragan, gunakan mesin kasir portable kesayangan Anda.

Mengikuti pameran UKM
Pastinya tiap daerah memiliki banyak kok! kesempatan dalam pameran UKM. Nah, cobalah Juragan manfaatkan fasilitas pameran UKM yang diselenggarakan oleh pemkot atau orginasasi UKM lainnya. Gimana sih mengikuti Pameran UKM secara gratis?
  • Bisnis sudah berjalan 
  • Datang langsung ke kantor Pemerintah BUMN atau organisasi lainnya
  • Bergabung dengan Asosiasi atau Komunitas lainnya di wilayah Anda 
  • Rajin mencari waktu event tahunan/ bulanan
  • Menggali informasi langkah awal bisa bergabung dengan rekan yang sudah pernah mengikuti pameran. Disitu Juragan bisa membuka loket pembayaran apapun seperti PPOB dan travel dari aplikasi Fastpay 
  • Pastikan mengikuti pameran sesuai dengan segmentasi pasar 
Kembali pada point pertama jemput bola, jangan pernah menunggu pelanggan datang ke outlet. Pastikan Juraganlah yang aktif mengambil peluang dan kesempatan di semua situasi dan berkala. Juragan juga bisa membentuk komunitas sendiri khusus outlet Fastpay. 

IV. BUATLAH PROMOSI DENGAN ALAT DAN KOMUNIKASI SEMENARIK MUNGKIN 

“Dua Puluh Tahun dari Sekarang, Anda akan lebih dikecewakan oleh hal-hal yang tidak Anda lakukan dibandingkan hal-hal yang telah Anda lakukan” -Mark twain 

Nah Juragan, strategi marketing yang efektif lainnya juga dimulai dari kios Anda sendiri. Buatlah kios yang semenarik mungkin sehingga pelanggan Anda penasaran. Caranya adalah : 

Memperkuat Tangible Toko 
  • Pasanglah Signboard Fastpay agar menarik baik siang maupun malam hari. 
  • Buatlah tampilan loket yang lebih “wah” dengan cat warna loket mencolok seperti orange dan biru seperti Fastpay  
  • Memasang semua alat promosi fastpay mulai dari spanduk, x banner dsb 
Memperlambat Laju Kendaraan
  • Buat kata-kata semenarik mungkin di depan loket 
  • Pajanglah beberapa brosur Fastpay di meja loket anda 
  • Pasang dan mainkan musik yang sedang hits agar pelanggan melihat loket anda
Sebar Brosur 
  • Menyebarkan brosur pada warga sekitar tempat tinggal anda, dengan cara door to door atau saat event warga (arisan, bazar, rapat RT dll) 
  • Memperbanyak brosur bisa dengan ke percetakan atau fotocopy disesuaikan anggaran 
  • Pastikan Anda telah menambahkan nama dan kontak Anda pada brosur yang disebar 
 Tujuan ini semua agar masyarakat setempat lebih memperhatikan kios Juragan, memperlambat laju kendaraan, dan menarik pengguna jalan meski hanya sekilas . Konsep baik untuk membranding loket Anda men jadi lebih baik 

V. MEDIA SOSIAL? MAKSIMALKAN ! 

“Peluang selalu ada di tempat orang yang mengeluh” –Jack Ma 

Sudah tau kan dalam konteks menjual barang / jasa di perkembangan jaman ini tidak lepas dari sosial media dan 60% sistem jual beli menggunakan sosial media.

Media sosial kini kerap disebut sebagai media baru pembunuh media tradisional. Padahal jika dilansir lebih dalam, yang mematikan bukanlah teknologi yang kian hari semakin canggih namun pola pikir manusia yang tidak terbuka terhadap peruba- han. Hambatan seperti kurang kepercayaan masyarakat kepada transaksi elektronik menahan pertumbuhan ekonomi dan digital yang bergerak pesat.

Padahal Mentri Kominfo menjelaskan bahwa kondisi populasi Indonesia 264 juta penduduk, 2/3 pada usia produktif 15 sampai 64 tahun merupakan pengguna aktif internet dan melakukan bisnis digital sebagai media jual beli. Model bisnis ini tentunya mem- berikan solusi-solusi baru kepada industri rumahan dan dapat dijalankan efektibilitasnya kapanpun dan dimanapun. 

Lalu, media sosial apa yang cocok untuk para Juragan?? Apa harus semua media harus dikuasai??
Tentu saja tidak Juragan! Cukup dua media face- book dan Whatsapp yang Anda maksimalkan maka promosi bisa gencar dilakukan, seperti : 

Media Whatsapp 
  • Siapa yang tidak menggunakan whatsapp? Pasti hampir semua pengguna Smartphone menggu nakan media aplikasi ini. Nah, - Whatsapp sangat cocok sebagai media promosi karena fiturnya yang mudah dan lengkap.  Terdapat fitur story yang bisa Anda gunakan untuk memposting / mengupload layanan Fastpay Anda. Lakukan 1 hari minimal 2 kali saja diantara pukul 12.00 siang dan 18.00 malam, minimal semua kontak teman di aplikasi whatsapp tersebut tahu jika Anda kini menjual produk layanan Fast pay. 
  • Manfaatkan juga group Whatsapp untuk memblasting promosi Anda. Gunakan kata-kata semenarik mungkin cukup sekali dalam sehari di semua group yang Anda miliki 
 Media FACEBOOK
  • Sosial media ini sudah digandrungi di awal era digital. Fitur ini terbukti membantu meningkatkan kegiatan promosi dan hampir seluruh pembuka usaha menggunakan Facebook sebagai alat bantu promosi utama
  • Cangkupan koneksi Facebook juga luas dan dapat terdata sehingga seluruh dunia pun dapat terhubung. Banyak fitur menarik yang berkembang di facebook seperti group-group penjualan atau komunitas. Facebook juga cocok untuk menaikan pelanggan baru.

VI. KREATIF MEMBUAT PROMO MURAH YANG MENARIK UNTUK PELANGGAN 

“Kreatifitas membutuhkan keberanian untuk melepasakan kepastian.” -Eric Fromm 

Kenapa sih, kita harus membuat promo? Juragan! Pastinya pernah kan merasa terancam dari persaingan dagang? Itu dia, apalagi kalau bukan ancaman kompetitor. Percepatan teknologi dan ekonomi pastinya juga membuat kita harus bisa berkompetitif agar tampil me- narik dan luar biasa di mata pelanggan.

Agar usaha kita tetap berjalan maka Juragan harus mempertahankan pelanggan, menarik pelanggan baru, menjaga kepua- san pelanggan, hingga harus bisa menarik pelanggan dari kompetitor lain, itulah yang disebut dengan strategi akuisisi pelanggan. Cara membuat promonya dengan cara seperti apa?

 Agar mampu bersaing, Juragan hanya perlu memaksimalkan kepuasan layanan yang lebih baik / lengkap dibandingkan kompetitor. Diawal sudah disebutkan bahwa salah satu strategi meningkatkan transaksi adalah membaca kondisi lokasi Anda. Nah, selanjutnya buatlah sebuah program undian berupa hadiah bagi pelanggan baru yang pertama kali melakukan transaksi, diskon, give away, buy 1 get 1, cashback dan sebagainya.

Misalnya 
  • Manfaatkan sistem undian seper- ti transaksi 10x PLN dengan id pelanggan berbeda/ sama berupa komisi 20.000 rupiah, dipergunakan sebagai undian berhadiah seharga 5000/item. Benar disini Anda harus memotong komisi 10-25% tapi menggunakan pro- gram ini otomatis pelanggan akan mencintai layanan Anda sehingga mau kembali lagi untuk bertransaksi. 
  • Tiket pesawat, biasanya seringdibanding-bandingkan harga web booking online lain (kompetitor) dengan harga di Fastpay, saat ini selisih harga di web online (kompetitor) tidak terpaut banyak, misal: harga (selling price)di maskapai/ fastpay .1.000.000 kebanyakan web online lainnya Memberikan harga dibawah harga tersebut, misal jadi 990.000 ada selisih 10rb, Juragan bisa memberikan harga yang sama dengankompetitor yaitu 990.000 denganmemotong komisi ke pelanggan Rp. 10rb, jika total komisi yang diterima mitra dari reservasi tersebut diatas 10rb maka Anda masih mendapatkan untung. 

 'Jangan mencari kostumer yang tepat untuk Anda, carilah produk / layanan yang sesuai dengan kostumer Anda. -Fastpay 
Nah itulah beberapa trik, Seni Meningkatkan Transaksi Sederhana dengan Fastpay. Semoga informasi ini dapat memberikan inspirasi baru dan mengasah ide kreatif juragan agar transaksi kios Anda semakin meningkat! 
Untuk informasi sebagai mitra Fastpay, Anda bisa mengunjungi website kami di www.Fastpay.co.id 

SENTRA BISNIS FASTPAY


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Promo Pendaftaran Fastpay Terbaru Hari Ini!

Kenalan yuk dengan Sentra Bisnis Fastpay sebelum menggunakannya.

PROFIT - SAHABAT WARUNG INDONESIA